Skip links

Cara Menjadi Affiliate Shopee: Trik Cuan tanpa Modal di 2024

Cara Menjadi Affiliate Shopee

Apakah kamu punya mimpi bisa bekerja dari mana saja tanpa jadwal tetap dan serangkaian aturan kantor yang menyesakkan? Bila iya, maka artikel tentang cara menjadi affiliate Shopee cocok untuk kamu!

Pemasaran afiliasi atau affiliate marketing semakin populer setiap harinya karena banyak orang rela meninggalkan pekerjaan tetap mereka untuk mengejar kesempatan menjadi bos bagi diri mereka sendiri. 

Sebenarnya, ini juga ada kaitannya dengan kesadaran isu kesehatan mental. Namun, pada prakteknya, affiliate marketing memiliki tantangan tersendiri seiring dengan semakin populernya konsep digital marketing.

Bagaimana Cara Menjadi Shopee Affiliate? 

Pada dasarnya cara menjadi affiliate Shopee juga sama dengan cara kerja TikTok affiliate. Di TikTok, ada empat pihak yang terlibat, yaitu merchant (pemilik produk), affiliate network (pihak yang menjembatani merchant dan kreator), affiliate marketer (kreator), dan consumer (konsumen).

Sementara itu, di Shopee kamu perlu join terlebih dahulu di Shopee Affiliate Program, melakukan promosi berbagai produk dari toko yang bertanda Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star Seller melalui link produk di platform media sosial.

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan komisi dari produk yang terjual. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan menjadi affiliate di Shopee:

Cara Menjadi Affiliate Shopee

Pahami Persyaratan Menjadi Affiliate di Shopee

Shopee affiliate adalah salah satu program dari Shopee yang mengajak seluruh user media sosial untuk memiliki penghasilan tambahan dengan cara mempromosikan produk-produk yang dijual di platform Shopee.

Nemun, sebelum bergabung menjadi affiliate di Shopee, kamu harus memahami tentang syarat dan kebijakan bergabung dengan Shopee Affiliate ProgramPihak Shopee telah menetapkan ketentuan bergabung dengan Shopee Affiliate Program yang harus kamu perhatikan, seperti berikut ini:

  • Pastikan akun media sosial yang kamu gunakan aktif, bukan akun privasi, dan memiliki konten asli atau original.
  • Pastikan akun Shopee yang terdaftar adalah akun pribadi kamu, bukan akun toko atau seller Shopee.
  • Larangan memasarkan produk dan membuat konten ilegal, seperti narkoba, obat-obatan, terlarang vape, ganja, produk dewasa, dan produk palsu.
  • Komisi dan bonus yang tervalidasi akan dibayarkan setiap 1 minggu sekali.
  • Shopee berhak mengunggah ulang kontenmu di media sosial dan aplikasi Shopee.

Buat Akun Shopee

Buka aplikasi Shopee di HP atau masuk melalui link shopee.co.id bila menggunakan perangkat laptop. Bila kamu belum memiliki akun Shopee, maka buat terlebih dahulu dengan mendaftarkan diri menggunakan nomor telepon, akun Facebook, Google, atau Apple ID.

Daftar Shopee Affiliate Program

Setelah memiliki akun Shopee, kunjungi halaman affiliate.shopee.co.id untuk memulai proses pendaftaran. Kamu juga bisa masuk melalui aplikasi Shopee di HP melalui Tab “Saya” dan temukan Shopee Affiliate Program.

Isi Formulir Pendaftaran dengan Benar

Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diminta, seperti nama, alamat email, dan link ke platform yang akan kamu gunakan untuk mempromosikan link produk Shopee, dan masukkan kode verifikasinya. Pastikan semua informasi yang kamu masukkan benar dan akurat.

Tunggu Persetujuan dari Shopee

Setelah mengirimkan formulir pendaftaran, Shopee akan melakukan verifikasi yang biasanya akan memakan waktu maksimal 1 hari kerja. Jika formulir pendaftaran disetujui, maka kamu akan menerima pemberitahuan melalui email.

Pahami Dashboard Shopee Affiliate 

Setelah resmi menjadi affiliate Shopee, maka kamu akan mendapatkan akses masuk dashboard Shopee affiliate. Dashboard ini berguna untuk pusat kontrol semua aktivitas affiliate, kamu bisa melihat performa promosi, penghasilan, dan berbagai data lainnya.

Adapun fitur penting yang terdapat di dashboard antara lain:

  • Laporan penjualan
  • Statistik klik
  • Pengelolaan link affiliate

Riset Produk yang Akan Kamu Promosikan

Tidak berhenti di pendaftaran saja, sebelum kamu mempromosikan produk dan membuat konten, pastikan melakukan riset terlebih dahulu. Semakin lengkap informasi produk yang kamu berikan pada audiens, maka semakin besar pula peluang mereka mengklik link.

Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi 

Media sosial adalah alat yang sangat efektif untuk promosi. Kamu bisa menggunakan Instagram, Facebook, dan TikTok untuk berbagai tautan link produk Shopee.

Baca juga: Ide Konten TikTok Agar FYP – Update 2024

Pilih Produk yang Sedang Tren

Selain untuk promosi, kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk mengamati tren atau berdasarkan hari-hari penting. 

Buat Konten yang Menarik

Cara menjadi Shopee affiliate yang sukses bukan hanya sekadar membuat akun, melainkan juga berkreasi dalam membuat konten yang menarik. Buatlah konten video, artikel ulasan, dan postingan media sosial.

Pastikan konten tersebut informatif, menarik, dan bermanfaat bagi audiens. Bagi pemula, kamu bisa melihat model konten yang dibuat oleh konten kreator yang juga menjadi affiliate Shopee.

Beli dan Coba Produk

Sebagai affiliate, akan lebih baik bila membeli dan menggunakan produk yang akan kamu promosikan. Pasalnya, ini akan memberikan ulasan lengkap produk tersebut dan nilai plus bagi kontenmu.

Apa Keuntungan Shopee Affiliate bagi Pemula?

Setelah kamu membaca cara menghasilkan uang di atas secara runtut, kali ini mungkin bertanya-tanya tentang mengapa harus mematuhi kebijakannya hingga menerapkan serangkaian strategi-strateginya.

Perlu kamu ketahui, bahwa ketertarikan menjadi affiliate Shopee, bukan hanya tren semata. Namun, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, apabila kamu bersungguh-sungguh menjadi affiliator Shopee.

Adapun keuntungan yang akan kamu dapatkan antara lain:

  • Tambahan pendapatan dari komisi Shopee hingga 4% untuk semua pesanan.
  • Ada tambahan komisi lebih dari 5% dari seller dengan membagikan tautan dari produk bertanda Komisi XTRA
  • Memperkaya pengetahuan seputar digital marketing dan jaringan dari Shopee Affiliate Community.
  • Peluang karir: SEO Specialist, content marketer, copywriter, social media strategist, dan digital marketing strategist.

Kesimpulan 

Cara menjadi affiliate Shopee yang sukses membutuhkan proses panjang, dimana kamu harus konsisten dan aktif mengikuti tren. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan Sosial Booster sebagai booster media sosialmu agar konten yang berisi tautan afiliasi mendapatkan banyak like dan view.

Misalnya, kamu menggunakan Instagram sebagai platform promosi, tentu saja membutuhkan followers tinggi untuk mendapatkan like dan view konten yang tinggi pula. Nah, Sosial Booster hadir untuk memberimu solusi terbaik.

Sosial Booster

Aplikasi optimasi sosial media yang Super Fast & Easy dengan layanan berkualitas dan pelayanan CS terbaik! Didownload lebih dari 100.000 pengguna sosial media di seluruh Indonesia!

Promo Desember

Recent Posts

This website uses cookies to improve your web experience.
Explore
Drag