Skip links

Monetisasi YouTube Shorts: Cara Dapat Uang dari Video Pendek

Cara Monetisasi YouTube Shorts

Sedang mencari cara monetisasi YouTube Shorts untuk mengoptimalkan pendapatan dari video pendek buatanmu? Kamu datang di tempat yang tepat!

Sebagai content creator, mungkin kamu bertanya-tanya apakah YouTube Shorts bisa dimonetisasi sebagaimana video berdurasi panjang? Jawabannya, IYA.

YouTube Shorts adalah fitur terbaru YouTube yang baru ada tahun 2021 dimana penggunanya dapat membuat video pendek berdurasi maksimal 60 detik. Tujuan fitur ini sendiri untuk bersaing dengan aplikasi lainnya seperti TikTok dan Instagram Reels.

Cara Monetisasi YouTube Shorts

Sebenarnya, mempelajari cara dapat uang dari Shorts berarti juga tidak ada bedanya dengan melakukan monetisasi YouTube biasa. Bahkan, mungkin akan lebih memonetisasi video YouTube Shorts.

Pasalnya, YouTube Shorts memiliki alat pengeditan sederhana yang memungkinkan kamu untuk memotong dan menggabungkan klip video dengan mudah. Kamu juga bisa menambahkan musik, teks, dan efek visual.

Patuhi Syarat Monetisasi YouTube Shorts

Salah satu cara terbaik bisa dapat uang dari YouTube Shorts adalah melalui YouTube Partner Program (YPP). Setelah bergabung, kamu akan memiliki akses ke semua fiturnya, seperti menjalankan iklan di video.

Untuk bergabung dengan YPP, kamu perlu mematuhi serangkaian kebijakan yang berlaku, termasuk pedoman komunitas, persyaratan layanan, dan hak cipta. Syarat dapat uang dari YouTube Shorts terdiri dari dua yaitu sebagai berikut:

Kriteria untuk Bergabung dengan YouTube Partner Program

  • Memiliki 1.000 subscriber dalam 12 bulan terakhir
  • Memiliki 4.000 watch time dalam 12 bulan terakhir
  • Memiliki 10 juta views video Shorts dalam 90 hari terakhir

Kebijakan Konten dan Hak Cipta

  • Hindari menggunakan klip video editan film atau acara TV milik orang lain.
  • Hindari menggunakan konten milik kreator lain tanpa menambahkan watermark
  • Jangan membayar tampilan views video otomatis/robot/palsu!
  • Ukuran YouTube Shorts harus portrait dan tidak lebih dari 1080p

Jika kamu tidak mematuhi syarat ini, maka YouTube dapat menahan atau memberlakukan denda, membatasi pendapatan iklan konten, menangguhkan keanggotaanmu di YPP, atau menghentikan akun YouTube.

Bergabunglah dengan YouTube Partner Program

Setelah mencapai 1.000 subscriber, kamu bisa bergabung dengan YouTube Partner Program untuk melanjutkan step monetisasi. Caranya yaitu dengan mengajukan permohonan melalui YouTube Studio pada tab “Earn”.

Selanjutnya, permohonan tersebut akan ditinjau oleh pihak YouTube. Jika ditolak, maka kamu bisa mengajukan banding atas keputusan tersebut atau mengajukan permohonan kembali setelah 30 hari. 

Aktifkan Monetisasi YouTube Shorts

Selanjutnya, kamu perlu mengaktifkan monetisasi video YouTube Shorts untuk klaim penghasilan sebagai pemegang hak. Lalu, bagaimana cara mengaktifkan monetisasi untuk video Shorts? Mudah saja.

Kamu harus menyelesaikan pembuatan AdSense terlebih dahulu dengan menyertakan informasi pajak dan melakukan konfirmasi data pribadi.

Terdapat dua cara untuk melakukan klaim penghasilan YouTube Shorts, yaitu secara langsung di YouTube Studio atau Pengelola Konten Studio dan menggunakan template pengiriman konten.

Cara membuat klaim penghasilan YouTube Shorts langsung di YouTube Studio:

  • Masuk ke YouTube Studio
  • Dari menu sebelah kiri, klik Konten
  • Setelah jendela halaman terbuka, pilih video Shorts dan klik judulnya
  • Setelah berada di halaman Detail Video, pilih Pengelolaan Hak yang terletak di menu kiri
  • Pilih kebijakan upload monetisasi
  • Klik Simpan.

Cara membuat klaim penghasilan YouTube Shorts menggunakan template pengiriman konten:

  • Masuk ke YouTube Studio
  • Dari menu sebelah kiri, pilih “Pengiriman Konten”, klik Template
  • Download template “Video Web – Update”
  • Isi daftar ID video untuk diperbarui di kolom video_id, lalu tentukan “Monetisasi di semua negara” yang berada di “kolom usage_policy”.
  • Simpan file tersebut.
  • Kembali ke halaman “Pengiriman konten”, lalu klik tab “Paket Saya”
  • Terakhir, klik Validasi & Upload.

Konsisten Membuat Video Shorts

Karena untuk dapat uang dari YouTube Shorts, kamu membutuhkan 10 juta views dalam 90 hari terakhir dan 4.000 watch time untuk video YouTube berdurasi panjang, kamu dibutuhkan kekonsistenan.

Buatlah banyak konten menarik dan posting sesering mungkin. Semakin banyak konten yang kamu publikasikan, maka semakin banyak pula kesempatan viral dan YouTube akan menampilkannya kepada banyak pemirsa.

Pantau Analitik

Awasi analitik YouTube kamu. Pahami apa yang berhasil dan apa yang tidak, mulai dari jumlah penayangan, suka dan komentar, dan durasi penayangan rata-rata video Shorts.

Lihat juga seberapa sering videomu dilihat vs dihapus untuk menunjukkan persentase viewers dan yang menggeser videomu sebelum menyelesaikanya.

Bereksperimen dengan Berbagai Video YouTube Shorts

Cara mendapatkan uang dari YouTube Shorts bukan hanya tentang hal-hal dasarnya saja, seperti bergabung dengan YouTube partner Program, menjalankan iklan, membuat konten, dan lain sebagainya. 

Namun, kamu harus terus belajar dan menjadi kreatif dengan melakukan banyak eksperimen. Pelajari video Shorts dari kreator lainnya, amati strategi kesuksesannya, analisis, dan terapkan.

Cara agar Video Shorts YouTube Trending

Setelah diterima di YPP, kini tugas kamu adalah memikirkan tentang bagaimana cara agar video Shorts YouTube trending. Nah, biasanya dibutuhkan banyak subscriber untuk hal ini.

Jadi sasaran utama kamu adalah membuat konten berkualitas tinggi dan menemukan cara untuk mempromosikan konten tersebut di channel lainnya.

Berikut adalah cara membuat YouTube Shorts agar trending:

Buat Konten Berkualitas Tinggi

Memposting konten berkualitas tinggi dapat membantumu menarik banyak views. Perlu diingat, makin banyak kamu terlibat dengan pemirsa, maka makin banyak pula penghasilan dari videomu.

Jadi fokuslah membuat konten yang menarik secara visual dan sesuai dengan target audiens kamu.

Manfaatkan Alat Monetisasi Bawaan YouTube

Meskipun sebenarnya ada banyak cara lain untuk memonetisasi Shorts, seperti bermitra langsung dengan bisnis, kamu harus memanfaatkan alat monetisasi bawaan dari YouTube, seperti penempatan iklan, membuat keanggotaan, dan menjual barang daganganmu sendiri.

Join dengan Content Creator Lain

Kamu bisa bekerjasama dengan kreator lainnya untuk memanfaatkan pemirsa mereka, sehingga kontenmu juga ikut naik.

Berinteraksi dengan Viewers

Berinteraksi dengan penonton sangat penting jika kamu ingin dapat uang dari YouTube Shorts. Bangun pengikut dengan melibatkan dan berinteraksilah, misalnya saling berbalas komentar.

Promosikan Video di Platform Media Sosial

Jangan berdiam diri di YouTube! Manfaatkan media sosial untuk melakukan promosi video YouTube Shorts kamu. Bagikan link video Shorts di akun media sosial kamu, mulai dari Instagram, Facebook, hingga TikTok.

Akan lebih baik lagi bila kamu juga melakukan monetisasi di akun media sosial. Nah, agar lebih mudah, kamu bisa mempelajari Cara Monetisasi TikTok 2024 untuk Pemula.

Menggunakan Alat Monetisasi dari Sosial Booster

Selain memanfaatkan alat monetisasi asli dari YouTube, kamu juga menggunakan Sosial Booster untuk mendapatkan lebih banyak subscriber, like, comment, dan views. Keamanannya telah terjamin 100%, karena kamu tidak perlu memasukkan link username YouTube.

Cukup input link video YouTube Shorts yang ingin kamu monetisasi, lalu tunggu perubahannya. Sosial Booster juga telah digunakan oleh banyak YouTuber profesional Indonesia dan mendapatkan ulasan positif dari mereka.

Kesimpulan

Cara monetisasi YouTube Shorts memang tidak semudah seperti yang kita bayangkan. Namun, ini akan memberikan peluang yang cukup besar untuk mendapatkan penghasilan secara online.

Dengan kamu melakukan monetisasi pada video Shorts, maka ini berarti kamu juga melakukan monetisasi pada akun YouTube kamu.

Sosial Booster

Aplikasi optimasi sosial media yang Super Fast & Easy dengan layanan berkualitas dan pelayanan CS terbaik! Didownload lebih dari 100.000 pengguna sosial media di seluruh Indonesia!

Promo Desember

Recent Posts

This website uses cookies to improve your web experience.
Explore
Drag